7 Hal penting di Game Mobile

Dengan semakin popularnya perkembangan teknologi smartphone Android dan iOS yang bahkan telah menyaingi PC, Mac, atau konsol game membuat banyak pengguna beralih ke sistem operasi besutan Google dan Apple tersebut. Selain itu game yang ditawarkan di toko aplikasi online Play Store dan iStore juga semakin marak dengan game berteknologi canggih. Agar lebih percaya diri dalam bermain game di ponsel, ada baiknya Anda tahu lebih dalam tentang hal-hal penting yang menyangkut mobile game. Maklum saat ini game di ponsel sudah makin canggih, beberapa istilah dan informasi yang relatif baru kemudian kerap muncul dan jadi ulasan. Dengan mengetahui istilahistilah dan informasi ini pastinya akan membuat pengalaman Anda bermain game lebih menyenangkan, dan pastinya pengetahuan jadi bertambah.

7 Hal penting di Game Mobile

1. IAP (In App Purchase) In-app purchase (atau in-app billing untuk di Android) singkatnya adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian konten digital tanpa perlu keluar atau meninggalkan aplikasinya. Konten digital yang bisa dibeli contohnya adalah membuka level baru pada game. In-app purchase di dunia aplikasi mobile pertama kali diperkenalkan oleh Apple di platform iOS mereka. Saat ini, in-app purchase sangat populer di kalangan pengembang aplikasi karena pengembang aplikasi dapat mengembangkan aplikasi dengan model freemium di mana pengguna dapat mengunduh dan menggunakan aplikasinya secara gratis namun disediakan fitur premium yang mana pengguna harus membayar untuk memanfaatkan fitur tersebut. Bagi pengembang aplikasi, in-app purchase menawarkan potensi keuntungan yang besar karena dari satu aplikasi dan satu pengguna, pengembang aplikasi dapat mendapatkan pemasukan berkali-kali. Beda dengan aplikasi berbayar yang mana biasanya pengembang aplikasi hanya mendapatkan satu pemasukan dari satu pengguna dan satu aplikasi.

2. Ukuran File Game Ukuran file yang Anda lihat di lembar spesifikasi App Store atau Google Play merupakan ukuran installer. Begitu di install maka beberapa file akan menjadi lebih besar, jadi selalu perhitungkan hal ini. Ambil contoh aplikasi Facebook di Google Play adalah 21 MB, tetapi setelah di-install ukuran akan menjadi 40 MB. Hal yang sama juga berlaku untuk game.

3. Fitur Cloud Save Di iOS dan Android samasama menghadirkan kemampuan menyimpan save game secara cloud sehingga jika Anda menghapus game dari perangkat Anda dan install ulang maka savenya akan di unduh dari server sehingga Anda tidak perlu pusing backup manual. Untuk android Fitur cloud seperti fitur-fitur game leaderboards dan multiplayer bisa di gunakan melalui sebuah layanan bernama Google Play Games Services. Sedangkan iOS dengan fitur Bernama iCloud anda bisa melanjutkan game dari iPhone ke iPad (dan sebaliknya) dan juga auto backup game sehingga dapat melanjutkan game setelah install ulang.

4. Jangan Hapus Game dari Game Center Boleh-boleh saja menghapus sebuah game dari perangkat iOS, namun jangan pilih “Delete from Game Center” ketika proses uninstall karena dengan begini seluruh data achievement & cloud save dari game Anda juga akan ikut terhapus.

5. Perbedaan Game Premium, Freemium dan Free Premium merupakan game berbayar yang biasanya tidak memiliki IAP di dalamnya. Premium game berarti gamenya dijamin dapat ditamatkan tanpa pembelian IAP. Walaupun begitu terkadang game premium tetap menawarkan IAP, walaupun hanya bersifat optional. Freemium adalah game yang ditawarkan secara gratis namun dengan mengandalkan IAP dan iklan. Ini tidak berarti Anda harus membeli IAPnya namun biasanya gamenya akan dibuat lebih sulit dan membutuhkan banyak grinding jika Anda tidak membeli IAP. Sedangkan, Free adalah game yang benar-benar gratis tanpa embel-embel apapun. Ini adalah game yang paling langka untuk di cari namun tetap ada. Biasanya game gratis dibuat sebagai proyek, hobi atau promosi tanpa tujuan mencari keuntungan.

6. Pengaruh Hardware Faktanya, semua hardware & software berpengaruh dalam memainkan game karena gadget adalah sebuah kesatuan sistem. Namun yang paling penting adalah prosesor,GPU (Graphic Processing Unit), ketersediaan Memory (RAM/ Random Access Memory) dan penyimpanan internal. Seperti halnya komputer yang menjadi jantung dan otak dari kecepatan proses berlangsung dari smartphone untuk gaming adalah prosesor. Pilihlah prosesor yang berspesifikasi tinggi. Sekarang ini kebutuhan yang disarankan untuk smartphone gaming adalah yang dilengkapi dengan prosesor quad-core. Jangan lupa pula untuk mendukung kekuatan itu dengan memori RAM. Game-game high-end masa kini membutuhkan RAM minimal 512 untuk iOS dan minimal 1 GB untuk Android. Android memang membutuhkan memori lebih banyak karena operating sistemnya lebih haus memori. Semakin besar kapasitas RAM yang Anda miliki maka kemungkinan smartphone Anda lag atau lelet saat bermain game, akan semakin kecil. GPU juga bertugas untuk mengolah efek-efek game seperti texture mapping, motion blur, shader, dan lain-lain. GPU yang lebih baik bukan hanya membuat game lebih smooth tapi juga akan membuat game penuh dengan efek. Secara khusus, biasanya setiap perusahaan semikonduktor GPU terkait dengan CPU tertentu seperti CPU Qualcomm Snapdragon yang selalu mengintegrasikan GPU Adreno. Sementara MediaTek asal Taiwan sering dikaitkan dengan GPU PowerVR untuk teknologi imaji, serta Nvidia dengan Tegra dan iPhone dengan Chip A8. Siapkan juga media penyimpanan internal setidaknya 8 GB karena game terbaru dengan ukuran yang cukup besar biasanya membutuhkan data penyimpanan yang besar pula. Bila memori internal Anda penuh, kinerja smartphone akan terganggu dan di saat bersamaan Anda juga tidak bisa memainkan game tersebut.

7. Aksesoris Game Mobile gaming telah menjadi pilihan yang patut diperhitungkan untuk para pecinta game, dan untuk itu beberapa perusahaan menawarkan aksesori demi mendapatkan kenyamanan dalam pengalaman bermain game. Untuk iOS dan Android sekarang ini Anda bisa mendapatkan berbagai macam aksesori seperti gamepad berbentuk seperti halnya game controller yang sering kita lihat di konsol untuk memberikan kenyamanan tambahan untuk bermain game mobile.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *