Anak saya alya (2,7), kalau bertemu orang dewasa, lalu diminta salaman susah sekali. Dia hanya mau bersalaman de ngan anak-anak kecil saja. Apa kah itu normal untuk usianya? Anak saya ini kalau dikasih tahu juga kebanyakan membantah de ngan berbagai alasan, meskipun saya akui alasan-alasan yang dikatakan itu sering masuk akal. Apakah perkembangan anak pada usianya memang seperti itu, bu? Nuraeni damayanti – solo Benar sekali Bu Nuraeni, di usianya kini Alya menjadi lebih sulit diatur. Dia sedang mencoba menempatkan diri sebagai orang yang mengatur orang lain, alias tidak mau diatur.

Baca juga : Kursus Bahasa Jepang di Jakarta Selatan

Hal ini merupakan ciri khas tahap perkembangan anak 1-3 tahun dan memberikan sumbangan pada per kembangan kepribadian mereka. Pada usia ini, anak-anak belajar memilih apa yang ingin dia lakukan. Apabila anak dibe rikan ruang gerak yang sesuai untuk meng ekspresikan keinginan-keinginannya, di tahap usia selanjutnya (3-5/6 tahun) ini siatif anak akan berkembang, sehingga anak mempunyai ide tentang apa yang akan dia lakukan, tidak kehilangan akal.

Ibu tidak usah terlalu khawatir anak membangkang, apalagi kalau alasannya masuk akal. Akan tetapi, Ibu tetap perlu menjaga agar anak berjalan di rel yang benar. Dia tahu perilaku mana yang sesuai dan tidak sesuai, bisa membedakan antara benar dan salah. Ketika bertemu dengan orang dewasa, dia tidak mau memberikan salam, karena anak tidak paham apa alasan sehingga dia harus bersalaman.

Mungkin saja dia juga punya pengalaman kurang menye nangkan tentang orang-orang dewasa. Sebaliknya, pada anak sebaya Alya mau ber salaman, artinya dia tertarik untuk berkenalan. Ketika Alya menolak bersa laman dengan orang dewasa, cukup katakan orang ter sebut akan merasa sedih dan kecewa. Ibu akan menunggu sampai suatu saat Alya mau bersalaman de ngan orang dewasa. Dengan demikian tidak usah memaksa Alya memberi salam, sebab akan membuatnya semakin antipati.

Sumber : https://eduvita.org/

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *