Minum Air Kelapa Saat Haid – Pernahkah Anda mendengar mitos mengenai minum air kelapa mempercepat haid ? Ada yang mengatakan dapat melancarkan darah saat haid. Adapula yang menyatakan bahwa air kelapa akan memperbanyak keputihan?

Itu hanya mitos belaka dan tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan hal tersebut dan berikut di bawah ini adalah ulasan lengkapnya.

Apakah Aman Minum Air Kelapa Saat Haid?

Lalu apakah aman bagi wanita yang sedang haid untuk meminum air kelapa? Jawabannya adalah boleh dan itu adalah justru hal yang baik. Air kelapa tidak memiliki langsung untuk melancarkan haid atau memperbanyak keputihan yang mengganggu.

Kegunaan air kelapa untuk menstruasi adalah sebaga pengganti cairan tubuh. Wanita yang sedang mengalami haid akan mengalami kehilangan cairan sebanyaka 500cc per hari. Cairan ini tentu saja harus digantikan dengan cepat jika tidak tubuh akan merasa lelah dan dehidrasi.

Baca Juga: Inspirasi Souvernir Pernikahan

Nah air kelapa adalah minuman segar yang akan menggantikan cairan tubuh dalam wanita haid dengan baik. Ini dikarenakan kandungan ion yang sama pada tubuh juga dimiliki oleh air kelapa. Tidak hanya itu saja namun di dalam air kelapa juga terdapat kandungan vitamin serta mineral.

Rendahnya kolesterol dan juga lemak tidak bermasalah bagi tubuh wanita haid. Tidak heran jika minum air kelapa akan meredakan nyeri haid atau bahkan kram perut. Rasanya yang segar akan menghilangkan dahaga namun ingat jangan mengkonsumsinya ddengan es dan gula. Es dan gula justru akan menetralkan fungsi dari air kelapa karena akan menambah lemak dalam tubuh.

5 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Tubuh

Selain menyegarka, apa saja sih kelebihan atau keuntungan minum air kelapa saat haid? Berikut ini manfaat yang akan didapatkan:

1. Melancarkan pencernaan

Pada saat haid beberapa wanita akan merasakan pencernaan yang terganggu. Pencernaan terganggu akibat kram perut dan juga kembung. Nah air kelapa akan meringankan rasa sakit karena kram dan kembung sehingga pencernaan pun akan berjalan dengan lancar. Bagi Anda yang sering merasakan sembeli maka dapat meminum air kelapa hijau setiap hari sebelum makan.

2. Menyegarkan kulit

Pada saat haid mood akan berubah dan merasa memiliki kecantikan yang menurun. Ini akan mempengaruhi kulit wajah menjadi kusam bahkan kering. Air kelapa hijau akan menjaga kesehatan kulit kapanpun dibutuhkan. Air kelapa akan menutrisi kulit dengan baik sehingga tidak akan ada efek kulit kering dan kusam.

3. Menjaga ginjal

Air kelapa berfungsi juga sebagai detox, fungsi ini akan membantu ginjal membersihkan racun dalam tubuh. Selain ginjal juga akan membantu kinerja hati. Racun dalam tubuh akan dinetralkan oleh air kelapa dan sebagian akan dikeluarkan melalui keringat.

4. Meningkatkan energi

Rasa kembung dan kram perut yang dihadapi saat haid akan berat dirasakan. Rasa sakit seringkali menguras energi yang dimiliki. Selain itu pula air kelapa mengandung banyak vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh tubu. Oleh karenanya tubuh akan tetap memiliki energi yang baik sehingga bagi Anda yang memiliki aktivitas rutin yang pada setiap harinya sangat penting untuk meminum air kelapa.

5. Atasi masalah infeksi saluran kemih

Tidak sedikit wanita yang terjangkit infeksi saluran kemih. Penyakit ini disebabkan karena seringnya menahan untuk buang air kecil saat bekerja atau berkegiatan. Nah pada saat haid Anda akan merasakan sakit yang lebih parah karena infeksi ini. Untuk menyembuhkannya minum air kelapa saat haid sangat dianjurkan. Minum air kelapa dua kali sehari untuk segera menyebuhkan infeksi.

Jika air kelapa adalah minuman yang dianjurkan pada saat haid lalu apa minuman yang dilarang saat haid? Tentu saja tidak hanya beberapa jenis makanan saja yang dilarang saat haid namun ada beberapa minuman yang dilarang pada saat haid.

Kopi, kandungan kafein yang ada dalam kopi akan menimbulkan jantung berdebar dan gelisah. Minuman ini akan menimbulkan ketidaknyamanan wanita saat haid. Seringkali mempengaruhi mood menjadi buruk. Hindari kopi saat Anda menstruasi.

Minuman dingin dengan es batu. Es batu akan membekukan proses haid yang meluruhkan sel dalam rahim. Ini akan membuat kinerja rahim menjadi lambat dan sangat berbahaya jika terdapat sel darah beku yang masih tertinggal dalam rahim.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *