Kuliah di luar negeri seperti di beberapa negara eropa barat menjadi dambaan sebagian besar masyarakat Indonesia. Biasanya mereka akan mengincar melaui saluran beasiswa yang tersedia dari negara tujuan atau beasiswa dari negara Pemerintah Republik Indonesia.

Pada beberapa tahun yang lalu, mereka yang akan kuliah di luar negeri seperti negara negara eropa barat: belanda, jerman, prancis dan inggris rata rata didominasi dosen dosen yang sedang menempuh studi master atau doktoral. Hanya beberapa gelintir yang melanjutkan studi sarjana karena faktor finansial dari orang tua yang cukup menengah ke atas.

Baca Juga: Manfaat Mempercayakan Urusan Catering Pada Jasa

Namun kini kondisinya telah berbeda sejak beasiswa dari luar negeri dan dari pemerintah Indonesia banyak digulirkan. Salah satu negara yang cukup aktif menawarkan beasiswa bagi masyarakat Indonesia adalah negara Inggris. Pemerintah Inggris bahkan secara khusus mengajak masyarakat Indonesia untuk kuliah di Inggris menggunakan beasiswa Chevening.

 

Apa Keistimewaaan Beasiswa Chevening di Inggris?

Lalu, apakah keistimewaaan beasiswa Chevening yang bisa digunakan untuk kuliah di Inggris? Keistimewaan utama adalah anda akan mendapat living allowance selama studi di Inggris, mendapat uang buku (otomatis akan menghemat biaya kuliah di Inggris bagi anda bukan?) dan beberapa pelatihan yang belum tentu anda dapatkan jika kuliah menggunakan uang pribadi.

1. Menyelesaikan gelar master hanya dalam 1 tahun

Selain itu, keistimewaan utama kuliah di Inggris adalah bisa menyelesaikan gelar master hanya dalam waktu satu tahun saja. Ini tentu berbeda dengan ketika anda menyelesaikan gelar master di Belanda, Perancis atau Jerman yang rata rata menghabiskan sekitar dua hingga tiga tahun.

2. Studi di universitas universitas berkelas dunia

Keistimewaan lain yang bisa anda dapatkan ketika kuliah di Inggris adalah memilih studi di universitas universitas berkelas dunia. Beberapa universitas terbaik di Inggris bahkan masuk ke dalam sepuluh universitas terbaik di dunia, misalnya Universitas Oxford yang menduduki peringkat universitas terbaik di dunia pada tahun 2019-2020 versi QS World University Ranking.

Walaupun demikian tidak semua universitas terbaik di Inggris masuk ke dalam ranking dunia. Anda bisa membandingkan ranking secara spesifik sesuai dengan jurusan anda. Misalnya anda membandingkan jurusan seni di universitas di Inggris dengan universitas di Jerman melalui laman QS World University Ranking di: www.topuniversities.com

Selain beasiswa Chevening, anda bisa menggunakan beasiswa LPDP Kementerian Keuangan atau DIKTI Scholarship untuk mengcover biaya kuliah di Inggris. Inggris telah lama menjadi partner pendidikan bagi negara Indonesia

Bahkan secara khusus Pemerintah Kerajaan Inggris beberapa tahun lalu menunjuk duta besarnya untuk Indonesia dan ASEAN dengan latar belakang beragama muslim, mengingat Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia.

Kisaran Biaya Kuliah di Inggris yang Perlu Diperhatikan

Lalu bagaimana jika kuliah di Inggris menggunakan biaya pribadi? Tentu saja bisa. Apapun sumber dananya untuk berkuliah di Inggris, beberapa hal yang anda patut pahami dalam mengelola variasi biaya kuliah di Inggris terletak pada kemandirian kita untuk mengelola keuangan, gaya hidup, pemilihan kampus di kota atau di suburban, hingga bahkan pertimbangan membawa keluarga atau tidak.

Dan berikut di bawah ini adalah beberapa kisaran variasi biaya kuliah di Inggris ditentukan setidaknya beberapa hal:

1. Lokasi kampus anda akan menentukan biaya kuliah di Inggris

Karena biaya kuliah di Inggris tidak hanya mencakup biaya spp semata, tetapi juga biaya tempat tinggal, makan dan juga hang out bersama teman-teman. Jika anda memilih universitas di kota kota besar seperti London.

Maka biaya kuliah di Inggris tentu saja akan mahal. Dengan catatan berbeda jika anda memutuskan untuk mencari lokasi tempat tinggal di sub urban (semacam daerah perbatasan antara kota dan kabupaten/distrik jika di Indonesia). biasanya biaya tempat tinggal di sub urban akan jauh lebih murah ketimbang biaya hidup di kota besar.

Cuman anda perlu investasi yang banyak pada transportasi karena jarak yang jauh. Anda bisa menggunakan transportasi umum, menyewa bulanan mobil atau menggunakan sepeda juga bisa.

2. Program studi yang diambil

Beberapa universitas di Inggris menerapkan biaya agak mahal untuk program studi tertentu yang membutuhkan beberapa riset lapangan, anda harus pastikan langsung ke website program studi tujuan dengan mencari link link fakultas terkait

Sementara satu hal tambahan lagi, biaya kuliah di Inggris untuk mahasiswa program internasional biasanya lebih mahal ketimbang mahasiswa lokal. Ini sudah menjadi hal umum, sama seperti ketika ada orang asing yang akan melanjutkan studi di Indonesia.

3. Perhatikan gaya hidup

Ketiga, variasi biaya kuliah di Inggris juga ditentuka gaya hidup. Banyak yang bilang gaya hidup ini mengcover sampai 60% biaya kuliah di Inggris. Kenapa bisa begitu? Coba anda bandingkan jika anda menghemat uang makan dengan jalan membeli bahan bahan mentah grosir setiap pekan lalu memasaknya di rumah/apartemen.

Coba bandingkan dengan anda harus keluar setiap hari hanya untuk makan. Tentu saja cara pertama akan lebih hemat ketimbang cara kedua bukan. Nah, akan lebih baik sebelum anda berangkat kuliah di Inggris sudah bisa memasak.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *