Setelah mengetahui manfaat dari masing-masing jenis vitamin B, di bawah ini adalah jenis-jenis makanan yang mengandung vitamin B yang bisa Kamu konsumsi karena dapat menyehatkan tubuhmu seperti mengkonsumsi nasi box, diantaranya:

1. DAGING DAN IKAN

Daging dan ikan merupakan makanan yang mengandung vitamin B. Secara khusus, daging merah mengandung vitamin B1. Jenis ikan yang mengandung vitamin B adalah salmon dan tuna. Untuk mendapat vitamin B yang maksimal, sebaiknya daging dan ikan dimasak dengan cara dipanggang, dikukus, atau direbus.

2. SUSU

Susu juga merupakan makanan yang mengandung vitamin B. tidak hanya susu, namun produk-produk yang berasal dari susu seperti keju dan yogurt juga mengandung vitamin B. Segelas susu saat sarapan dan sebelum tidur dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin B. Nah, yang harus diingat, upayakan susu yang diminum rendah gula dan tidak banyak tercampur bahan aditif.

Baca Juga: cafe instagramable di jakarta Selatan

3. BUAH DAN SAYURAN

Buah dan sayuran merupakan makanan yang kaya akan vitamin dan serat. Beberapa jenis buah dan sayuran juga mengandung vitamin B, khususnya vitamin B1. Di Indonesia, buah-buahan yang banyak mengandung vitamin B antara lain yaitu nanas, jeruk, anggur, dan semangka. Sedangkan untuk sayuran yang mengandung vitamin B antara lain yaitu asparagus, bayam, terong, paprika, brokoli, dan wortel.

4. KACANG-KACANGAN

Beberapa jenis kacang banyak mengandung vitamin B, antara lain yaitu kacang hijau, kacang mete, kacang almond, kacang pecan dan kacang lentil. Kacang hijau banyak mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B9. Kacang mete, selain kaya akan vitamin B kompleks, juga kaya akan kalsium dan magnesium yang baik untuk tulang. Sedangkan kacang almond juga mengandung vitamin E dan asam lemak omega 3.

5. TELUR

Telur juga merupakan makanan yang mengandung vitamin B. Vitamin B pada telur berfungsi untuk membantu mempercepat proses metabolism pada tubuh. Selain kaya akan vitamin B, telur juga kaya akan zat besi yang berfungsi untuk membantu proses produksi sel darah merah dan mengatasi anemia.

6. SINGKONG

Makanan yang mengandung vitamin B selanjutnya adalah singkong. Singkong sangat mudah ditemui di Indonesia. Singkong mengandung banyak nutrisi, di antaranya: vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, protein, lemak, dan karbohidrat.

7. JAMUR

Jamur juga termasuk makanan yang mengandung vitamin B. Kandungan vitamin B pada jamur di antaranya yaitu vitamin B3 untuk kesehatan kulit, vitamin B2 untuk pembentukan sel darah merah, dan vitamin B5 untuk membantu produksi hormon. Kombinasi dari vitamin B2, B3, dan B5 ini dapat membantu melindungi kesehatan jantung.

Nah, itu tadi jenis-jenis makanan yang mengandung vitamin B yang ternyata dapat menyehatkan tubuhmu, untuk hasil yang maksimal jangan lupa berolahraga dan beristrirahat yang cukup yah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *