Tanpa ada penanganan, infeksi pada kulit akan bertambah berat sehingga muncul seperti koreng bernanah dan bau. Sedangkan jamur membuat peradangan pada kulit dan area cradle cap bertambah luas. BERSIHKAN SAAT MANDI Untuk berjaga-jaga agar cradle crap tidak menimbulkan peradangan dan infeksi, Mama bisa melakukan halhal berikut: ? Saat memandikan, bilas kepala bayi sampai bersih.

Baca juga : ausbildung jerman

Jangan sampai ada sisa sabun/sampo. Sisa ini akan menempel pada kulit dan bisa merangsang timbulnya cradle cap lebih banyak. Gunakan air suamsuam kuku untuk memandikan bayi(suhu sekitar 37-40 derajat Celsius). Air mandi yang terlalu panas dapat membuat kulit bayi tambah meradang. ? Saat pembilasan, tak perlu menambahkan larutan antiseptik pada airnya, karena akan menyebabkan kulit bayi menjadi kering. Ini juga merangsang munculnya cradle cap. ? Setiap habis mandi, olesi krim/losion pelembap pada kulit kepala yang berkerak agar koreng atau keraknya menjadi lunak, sehingga mudah dibersihkan atau mengelupas sendiri (jangan sekali-kali Mama memaksa untuk mengelupasnya karena akan menyakiti bayi dan justru membuat luka).

Jika cradle cap tampak parah (keraknya sangat tebal, kepala bayi tampak memerah karena radang), konsultasikan pada dokter. Umumnya dokter akan meresepkan krim pelembap khusus yang membuat kerak bisa lepas dengan mudah. ? Meskipun sudah berkerak, Mama tetap disarankan untuk selalu memandikan dan mengeramasi bayi. Gunakan sabun dan sampo khusus bayi. Hindari bahan-bahan kimia yang terlalu keras untuk kulit bayi, karena dapat memperparah peradangannya. Nah, kini si kecil terbebas dari kerak di kepala.

Resep Nenek “Kalau Salwa pilek, memang suka bikin waswas, karena dia jadi rewel dan susah bernapas. Kalau saat bayi, sih, waktu dia pilek, neneknya mengajarkan mengisap ingus di hidungnya saat memandikannya. Sekarang dia sudah 18 bulan, kalau ada ingusnya, saya lap saja pakai tisu. Kalau yang susah keluar, saya terapi dengan menguapnya menggunakan air panas yang sudah diberi minyak telon. Dengan begitu, napasnya bisa lega. Parutan bawang bawang merah dan minyak telon di dada, leher, serta ubun-ubunnya, juga juga saya berikan saat dia tidur.” Rosa, mama dari Salwa (18 bulan)

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *