Makin Bersinar, Makin Istimewa Bagian 2

  • Sustainable Construction. Sustainable construction (pembangunan berkelanjutan) adalah salah satu kampanye yang terus digalakkan para arsitek dunia. Salah satu syarat untuk memenuhi sebuah pembangunan berkelanjutan adalah memberdayakan material sekitar yang ramah lingkungan. Nah, bambu menjadi salah satu bentuk pembangunan berkelanjutan yang memiliki sifat tumbuh lebih cepat, yakni hanya 3 – 5 tahun dan mudah ditanam kembali sehingga material ini mudah didapat. Dengan penggunaan bambu, otomatis kita dapat menghemat penggunaan kayu dan mengurangi penebangan hutan.

Menanam Kembali Salah satu hal yang kerap dilupakan orang ketika menggunakan material alam adalah lupa menanam kembali, padahal proses itulah yang terpenting. “Mengapa pohon di Indonesia cepat habis, karena ketika menebang mereka lupa menanamnya kembali,” ujar Mukoddas berang. Ya, pesan itulah yang ingin disampaikan Mukoddas ketika ingin mengaplikasikan material bambu.

Bambu mudah ditanam dan juga tidak memerlukan banyak perawatan, jadi tidak ada salahnya sehabis menggunakan, tanam kembali. Tidak hanya untuk bambu, material alam lainnya pun patut diperlakukan sama, menggunakan lalu menggantinya dengan yang baru. Dengan keberagaman dan kekayaan bambu yang kita miliki, tidak ada salahnya memanfaatkan material ini untuk berbagai keperluan. Toh, pengaplikasian dan perawatannya tidak rumit, kok.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *